Powered By Blogger

Selasa, 24 Agustus 2010

TDW Club - 7 Cara Mendisiplinkan Anak


Anak adalah anugrah Tuhan, anak juga menjadi titipan yang kita harus jaga . Setiap hari hidup anda menjadi lebih berwarna dengan senyumannya dan kelucuannya setiapa saat. Anak memang bisa menjadi anugerah tapi bagaimana bila terkadang anak bisa menjadi anugerah yang memang membuat anda gerah karena terkadang anak menjadi sulit diatur dan sering tidak mendengarkan kata anda sehingga anda kesal. Bila memang saat ini anda sedang mengalami hal tersebut silahkan anda coba 7 cara mendisiplinkan anak :

1. Bila anak anda tidak mau mendengarkan anda gunakan “time out”
ada hal yang membuat anak anda tidak mau mendengar anda, mungkin salah satunya adalah karena sebelumnya anda tidak memperhatikan dia ketika dia meminta sesuatu dari anda. Misalnya ketika anda sedang sangat sibuk anak anda meminta anda untuk melihat karya yang sudah dia buat karena anda begitu asiknya dengan kegiatan anda. atau anda jarang menemani anak anda bermain. Dalam hal ini anda harus lebih memperhatikan anak anda dengan memperhatikan apa yang dia inginkan. Tapi bila anda sudah melakukan hal tersebut tapi anak anda masih saja sulit diatur, maka sudah waktunya anda memberikan hukuman berupa “time out”

2. Ciptakan suasana rumah yang ramah buat anak. Artinya, jangan menaruh barang yang diperkirakan bisa menarik perhatian anak dan membahayakan. Misalnya, tidak menaruh perhiasan gelas di atas TV yang mudah dijangkau dan dipanjat oleh anak.

3. Anak harus belajar konsekuensi alamiah dari semua perbuatannya. Perkenalkan konsep sebab dan akibat. Misalnya jika sang anak berlama-lama sikat gigi di kamar mandi sebelum tidur, maka akibatnya tidak ada dongeng sebelum tidur.

4. Jangan mengalah untuk menghindari konflik. Jika anda memutuskan bahwa sang anak tidak akan mendapatkan sereal yang dia lihat di TV, maka tetaplah pada pendirian anda.

5. Segeralah bertindak, jangan tunda mendisiplinkan anak. Anak tidak akan ingat perbuatan buruk mereka setelah lima menit.

6. Jangan menabok atau menampar, meskipun anda tergerak untuk melakukannya. Ingat bahwa andalah yang dewasa. Jangan bertindak seperti anak kecil. Menampar, menabok semacamnya hanya akan membuat anak berpikir bahwa menggunakan kekerasan itu adalah wajar.

7. Konsisten, dan tegas berikan reward dan punishment

Tunjukan selalu kepada anak anda bahwa ketika anda memberikan hukuman bukan berarti anda tidak sayang tapi justru anda mencintai dan menyayangi anak anda. Perkuat hubungan antara orang tua dan anak dengan menyediakan waktu produktif bersama dan ikuti 7 cara mendisiplinkan anak.

Anda dapat melihat yang artikel lainnya di:
TDW Club - 7 Cara Mendisiplinkan Anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar