Powered By Blogger

Selasa, 26 Oktober 2010

TDW Club - 6 Cara Cepat Bisnis Di Bidang Bumbu Masakan


Persaingan bisnis di bidang bumbu masakan terutama bumbu instan, semakin hari semakin meningkat. Banyaknya pelaku usaha baru yang bermunculan saat ini, menjadi ancaman bagi pelaku usaha bumbu instan lainnya. Oleh karena itu agar tidak kalah bersaing dengan pengusaha bumbu instan yang banyak bermunculan, Anda harus menjaga kualitas rasa maupun kualitas produk bumbu instan yang Anda produksi.

Untuk itu Anda harus bisa menjaga kualitas dari bumbu yang Anda tawarkan ke konsumen agar mereka tetap loyal.

Berikut ada 6 cara cepat agar bumbu tetap awet
1. Hindari penggunaan pengawet yang membahayakan kesehatan, untuk lebih aman gunakan pengawet alami seperti minyak goreng, garam, dan gula atau bisa juga memakai pengawet makanan seperti monosodium benzoate.

2. Untuk memperoleh rasa yang sama dengan bumbu aslinya, gunakan komposisi bumbu yang sesuai dengan takaran resep masakan. Selain itu lakukan sesuai prosedur dari cara pengolahan, suhu dan lama pengolahan hingga dihasilkan kadar air untuk bumbu basah 20% dan untuk bumbu kering 2 – 5 %.

3. Pilihlah bahan baku yang masih segar, pisahkan bahan baku yang masih segar dengan bahan baku yang sudah layu. Gunakan yang segar saja, dan sisihkan yang sudah layu

4. Berikan kemasan yang menarik serta dapat melindungi bumbu dari kontaminasi. Kemasan yang bisa dipakai antara lain plastik, aluminium foil, serta botol kemasan. Disamping itu kemasan bumbu basah sebaiknya divakum terlebih dahulu agar tidak terkontaminasi bakteri selama masa penyimpanan

5. Saat proses produksi berlangsung, usahakan alat dan ruangan dalam keadaan steril. Sehingga produk tidak terkontaminasi kuman yang akan mengakibatkan bumbu cepat busuk sebelum masa kadaluarsa.

6. Agar bumbu instan memiliki rasa yang sama dengan bumbu fresh yang baru dihaluskan, jangan berikan tambahan penguat rasa karena akan menciptakan rasa yang beda dengan bumbu fresh.

Selalu pentingkan kualitas dan kemanan bagi konsumen agar usaha Anda sukses. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

Anda dapat melihat yang artikel lainnya di:
TDW Club - 6 Cara Cepat Bisnis Di Bidang Bumbu Masakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar